Kuala Tungkal – Ribuan warga kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, berkerumun di tepi jalan untuk menyaksikan Festival Pawai Takbiran menyambut kemeriahan malam Idul Fitri 1438 H, Sabtu (24/06/17).

Kegiatan pawai ini dilepas Bupati Tanjabbar DR. Ir. H. Safrial, MS didampingi Wakil Bupati Drs. H. Amir Sakib. Hadir juga Kapolres Tanjabbar AKBP Alfonso Doly Gelbert Sinaga, SIK, Dandim 0419/Tanjab Letkol Arh Hary Sassono Utomo, SH, Sekda Drs. H. Ambok Tuo, MM serta para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kemenag, Tokoh Agama, OKP, ORMAS, LSM, Unsur Kepemudaan, Elemen Masyarakat dan Insan Pers.

Sejumlah kendaraan gerobak dihiasi dengan pernak pernik Idul Fitri saling berurutan. Lantunan gema takbir membuat suasana semakin semarak mewarnai kota Kuala Tungkal.

Bupati Tanjabbar H. Safrial mengawali sambutannya sebelum melepas pawai, mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1 Syawal 1438 H.

“Saya selaku pemerintah Kabupaten Bireuen dan seluruh jajarannya  mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H. mohon maaf lahir bathin,” ujarnya.

Bupati memohon maaf kepada seluruh elemen masyarakat Tanjabbar jika selama lima tahun kepemimpinannya bersama H. Amir Sakib, ada kesalahan baik disengaja ataupun tidak serta masih ada kekurangan dalam pelaksanaan pembangunan di Tanjabbar.

Dikatakan, momentum Idul Fitri ini, semakin meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan kita kepada Allah SWT, sebagai wujud syukur atas karunia yang dilimpahkannya kepada kita semua.

“Maka sepantasnya pada malam ini, kita terus mengumandangkan takbir dan tahmid,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, pelaksanaan pawai takbiran yang dilaksanakan pada malam ini merupakan upaya Pemkab Tanjabbar umat untuk mensyiarkan nilai-nilai islam di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan yang kita cintai.

Melalui, pawai takbiran Idul Fitri ini, hendaknya mampu menumbuhkan nilai-nilai ukhuwah islamiah dan silaturrahmi.

Oleh karena itu, mari kita laksanakan takbiran ini dengan penuh khusuk menyuarakan takbir,” ujar Bupati.

Bupati berharap perayaan malam takbir berjalan aman dan tertib. Ia juga berpesan tertib selama dijalan. Jangan mengganggu ketertiban mumum, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kecelakaan lalu lintas.

“Terimkasih juga disampaikan kepada pihak kepolisian, TNI, Dishub, Sat Pol PP yang telah melakukan pengamanan malam takbir hingga shalat id besok,” tutup Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Dispora Otto Riyadi, SE, selaku Ketua Panitia Pawai Takbir 1438 H dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Pemkab Tanjabbar.

“Maka pada malam ini kita kembali kita laksanakan diikuti 30 peserta. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan Pawai takbir ini kita dapat meningkatkan Hablumminallah dan Habluminannas,” ungkapnya.

Adapun rute pawai dimulai dari Halaman rumah Jabatan Bupati di jalan Jenderal Sudirman ke jalan Hasanuddin menuju ke jalan Panglima Cama, kemudian ke jalan Syarif Hidayatullah hingga finis di Depan Masjid Agung jalan Pelabuhan.

Sumber : Lintas Tungkal